Fakta Menarik Tentang Kusir (Sopirnya Kereta Kuda)

Posted on

Kusir atau kadang disebut juga Sais (namun ini biasanya sebutan untuk penarik pedati) adalah orang yang menjalankan kereta kuda, sebuah pekerjaan yang sudah langka karena pada saat ini kereta kuda sudah sangat jarang dijumpai, hanya dibeberapa daerah tertentu saja kereta kuda masih dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai alat transportasi sehingga profesi ini tentunya ada juga disana. Penyebutan kereta kuda untuk setiap daerah berbeda-beda, ini juga tergantung dari jenis kereta kudanya, di jawa orang biasa menyebutnya dengan sebutan Andong, sedangkan di tempat tinggal ane di Lombok kereta kuda ini disebut cidomo, dan kebetulan sekali di sekitar tempat tinggal ane masih banyak tetangga ane yang berprofesi sebagai kusir sehingga ane bisa sedikit tahu tentang hal tersebut, atas dasar itu lah maka ane mencoba untuk menyusun Thread Sederhana ini yang akan membahas beberapa fakta menarik tentang pekerjaan sebagai kusir ini.

Tentang Jam Kerja dan Rute yang Dilalui

Image courtesy of fransisca-paramitha-feb13.web.unair.ac.id

Sama seperti para pengendara alat transportasi pada umumnya, para kusir juga mempunyai jam kerja, hanya saja kusir ini tidak pernah full menarik kereta kuda dari pagi sampai sore, biasanya mereka menarik kereta dari pagi sampai siang, atau dari siang sampai malam, jadwal ini bagi para kusir sudah mutlak sehingga jarang sekali mereka merubah jadwal menarik kereta kudanya. Perbedaannya dengan pengendara alat transportasi yang lain adalah pada rute, bagi yang menarik di tempat khusus, misalnya di daerah wisata mungkin hal ini tidak berlaku, namun bagi yang free alias bebas (biasanya di pinggiran kota, pedesaan atau pasar tradisional) rute yang dilayani tergantung permintaan dari orang yang ingin menaiki kereta kudanya, tapi tentunya mereka tetap memperhatikan jarak, kondisi jalur yang akan dilalui dan juga kemampuan dari kudanya, hal ini sangat penting karena biar bagaimanapun yang memegang peranan penting adalah kudanya

Pekerjaan Lain Sebelum atau Sesudah Menarik Kereta Kuda

Image courtesy of kfk.kompas.com

Salah satu faktor mengapa pada kusir tidak full menarik kereta kuda dari pagi sampai malam adalah karena faktor kudanya, kuda juga perlu beristirahat dan diberi makan serta minum supaya staminanya tetap terjaga dan keesokan harinya akan siap untuk menarik kereta lagi. Pekerjaan lain yang harus dilakukan oleh para kusir adalah mencarikan rumput bagi si kuda, jika jadwal menarik kereta kudanya pagi sampai siang, maka mereka akan mencari rumput sejak siang sampai menjelang malam, sedangkan bagi kusir yang menarik kereta pada siang sampai menjelang malam akan mencari rumput pada pagi hari sampai menjelang siang. Mencari rumput bukan perkara yang mudah, apalagi akhir-akhir ini lahan sudah mulai berkurang, ditambah lagi tidak semua pemilik lahan yang mau memberikan izin bagi para kusir untuk mengambil rumput di lahannya. Tidak jarang mereka dengan sangat terpaksa harus membeli dari para pencari rumput yang memang khusus mencari rumput untuk dijual.

Tidur Tidak Pernah Tenang

Image courtesy of garutnews.com

Secara umum para kusir ini juga adalah pemilik kuda dan kereta, dan tentu saja untuk memfasilitasi kudanya mereka harus memiliki kandang, hewan ternak apapun jenisnya biasanya rawan pencurian dan pencurian itu paling sering terjadi pada malam hari saat si pemilik sudah tertidur, sudah barang tentu hal ini akan menyebabkan si kusir yang menjadi pemilik kuda akan selalu waspada sehingga tidur pun tidak pernah tenang pada malam hari, maka tidak mengherankan jika pada siang hari disela aktivitas pada kusir biasanya akan tertidur di kereta kudanya sambil menunggu penumpang yang datang. Bisa dibayangkan betapa repot dan melelahkannya pekerjaan ini, menarik kereta kuda tidak hanya sekedar duduk manis diatas kereta, terkadang mereka juga tidak kebagian tempat duduk sehingga harus duduk di sisi kereta, bahkan jika ada barang mereka juga harus siap untuk membantu mengangkatnya, belum lagi harus mencari rumput untuk makan kudanya dan ditambah lagi dengan waktu istirahat yang kurang berkualitas, membayangkannya saja ane tidak sanggup.

Aktivitas Sebelum Mulai Menarik Kereta Kuda
Image courtesy of regional.kompasiana.com

Sebelum mulai menarik kereta kuda ada beberapa aktivitas yang harus dilakukan oleh si kusir, diantaranya adalah memandikan kuda. Seperti halnya manusia, kuda juga perlu mandi sebelum beraktivitas supaya lebih segar dan tidak bau, dan biasanya para kusir akan memandikan dulu kudanya baru kemudian dia yang mandi, setelah selesai maka kuda akan di bawa ke tempat kereta untuk dirias, tentu saja dirias disini bukan memakaikan bedak atau kosmetik seperti manusia, tetapi memakaikannya aksesoris yang menunjang aktivitasnya, seperti memasangkan pelana yang disambungkan ke kereta kuda, memakaikan kaca mata kuda biar matanya fokus ke depan, tidak tolah toleh melihat kuda yang lain, diikat rambutnya supaya tidak mengganggu penglihatan dan berbagai macam aksesoris lainnya. Setelah semuanya siap maka barulah si kusir mulai beraktivitas dengan kereta kudanya, menyusuri tiap jalan yang biasa dilewati untuk mencari penumpang.

Pendapatan yang Tidak Menentu

Image courtesy of liatkanankiri.wordpress.com

Ditengah kemajuan alat transportasi dan semakin banyaknya masyarakat menggunakan kendaraan pribadi, keberadaan kereta kuda sebagai alat transportasi tentu akan semakin terpinggirkan, hal itu akan berpengaruh pada pendapatan Kusir, jika kereta kuda beroperasi di daerah wisata mungkin pendapatannya masih lumayan, sedangkan yang bebas di jalanan pendapatannya bisa dikatakan jauh dari standart, apalagi mereka tidak setiap hari bisa keluar untuk menarik kereta, jika kuda atau kereta bermasalah maka mereka biasanya akan menjadi pekerja serabutan untuk bisa tetap mendapatkan penghasilan. Setiap kali keluar menarik kereta pendapatan kusir rata-rata sekitar 20 sampai 30 Ribu Rupiah, itu masih pendapatan kotor, mereka harus bisa menyisihkan sebagian untuk biaya servis kereta dan juga membeli pakan bagi kudanya karena kuda biasanya tidak hanya dikasi makan rumput saja, terkadang ada yang mencampurkan dedak juga. Rumput pun terkadang harus beli jika tidak ada tempat untuk mengambil secara bebas.

Harus Aktif Memeriksa Kondisi Kuda dan Kereta

Image courtesy of travel.kompas.com

Ada dua hal yang menunjang aktivitas seorang kusir, yang pertama adalah kuda, dan yang kedua adalah kereta yang ditarik oleh kuda. Kedua hal tersebut harus selalu dalam kondisi yang baik supaya aktivitas yang dilakukan tidak terganggu, satu saja bermasalah, maka seorang kusir tidak akan dapat beraktivitas seperti biasa. Untuk itu seorang kusir harus selalu aktif untuk memeriksa kondisi kuda dan juga keretanya. Khusus untuk kuda biasanya akan ada mantri hewan yang didatangkan secara rutin untuk mengecek kondisinya, diberikan makanan dan minuman yang cukup dan tentunya vitamin biar tetap sehat, dan satu lagi yang paling penting adalah mengganti sepatu kuda supaya jalannya tetap lancar dan nyaman. Sedangkan untuk pemeriksaan kereta akan dilakukan sendiri oleh si kusir, biasanya dilakukan disela aktivitas sambil menunggu penumpang atau pada waktu luang lainnya, semua harus di cek dengan baik, mulai dari roda, tempat duduk, atap dan sebagainya. Ketelitian sangat diperlukan supaya semuanya tetap dalam kondisi yang baik.

Perlengkapan yang Harus ada saat Bekerja
Image courtesy of tegalkab.go.id

Seperti halnya pengguna jalan raya yang lain, kereta kuda juga sering mengalami yang namanya razia dan pemeriksaan kelengkapan, namun bukan surat-surat yang diperiksa, tetapi perlengkapan pendukung, misalnya saja harus ada skop dan sapu sebagai persiapan jika sewaktu-waktu kotoran kuda keluar dari kantong yang ada dibawah kereta kuda maka si kusir harus siap untuk membersihkannya, selain itu yang paling diperiksa adalah kantong kotoran kuda, ditaruh dibawah kereta dekat dengan pantat kuda supaya kalo kuda buang kotoran akan masuk kesitu. Selain harus menyediakan berbagai perlengkapan pendukung, kusir harus bisa membaca rambu lalu lintas, biasanya akan ada jalur khusus untuk kereta kuda di daerah-daerah yang masih banyak kereta kudanya, jika melanggar maka akan siap-siap ditegur oleh petugas. Semua Kelangkapan dan juga paham rambu lalu lintas ini sebenarnya harus disadari oleh kusir, namun yang kebanyakan terjadi adalah mereka sering tidak mengindahkannya, kantong kotoran tidak pernah ada sehingga kotoran kuda banyak di mana-mana dan mereka suka seenaknya melanggar rambu lalu lintas.

Keluhan yang Sering diterima Para Kusir

Image courtesy of beritamanado.com

Setiap jalur yang dilalui oleh kereta kuda sudah pasti akan banyak kotoran kuda yang berceceran, sebenarnya jika aturan menggunakan kantong kotoran dilaksanakan, maka kemungkinan ini akan bisa diminimalkan, namun yang terjadi adalah banyaknya kusir yang tidak mengindahkan sehingga kotoran kuda banyak di jalan raya, belum lagi bekas air kencing kuda yang baunya sangat menyengat, dan akhirnya masyarakat yang menjadi pengguna jalan lainnya banyak mengeluhkan hal tersebut, selain masalah kotoran, yang paling sering dikeluhkan oleh pengendara jalan adalah tidak tersedianya jalur khusus dan tempat parkir khusus sehingga kereta kuda sering menyebabkan kemacetan, apalagi jika jumlahnya banyak dan didekat tempat mereka biasa beroperasi, misalnya di sekitar pasar tradisional, dijamin akan terjadi macet disana, apalagi jika kuda sedang datang naluri hewannya dan mengamuk ketika melihat kuda lain, bisa membahayakan orang-orang disekitarnya.

Sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/54b5bd040d8b46e8318b4567/?ref=homelanding&med=hot_thread
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...